Jumat, 25 Januari 2013

Gografi



MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS
(SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA)
A.Latar Belakang
                Geografi merupakan ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendo-rong  peningkatan kehidupan. Lingkup bidang kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.
                Mata pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik
tentang variasi dan organisasi spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang mem-bentuk pola muka bumi, karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permu-kaan bumi. Selain itu peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk mene-laah bahwa kebudayaan dan pengalaman  mempengaruhi persepsi manusia  tentang tempat dan wilayah.
                Pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi, dan ekologis. Pada tingkat pendidikan dasar mata pelajaran Geografi diberi-kan sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.
B.Tujuan
Mata pelajaran Geografi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.Memahami pola spasial, lingkungan dan kewilayahan serta proses yang ber-kaitan.
2.Menguasai keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengko-munikasikan dan menerapkan pengetahuan geografi.
3.Menampilkan perilaku peduli terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta memiliki toleransi terhadap keragaman bu-daya masyarakat.
C.Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Geografi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.Konsep dasar, pendekatan, dan prinsip dasar Geografi
2.Konsep dan karakteristik dasar serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola perse-baran spasialnya
3.Jenis, karakteristik, potensi, persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan pemanfaatannya
4.Karakteristik, unsur-unsur, kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan dan pelestariannya
5.Kajian wilayah  negara-negara maju dan sedang berkembang
6.Konsep wilayah dan pewilayahan, kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam analisis geografi
7.Pengetahuan dan keterampilan dasar tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi Geografis (SIG) dan citra penginderaan jauh.
D.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1. Memahami konsep,
pendekatan, prinsip, dan
aspek  geografi
1.1Menjelaskan konsep geografi
1.2Menjelaskan pendekatan geografi
1.3Menjelaskan prinsip geografi
1.4Mendeskripsikan aspek geografi
2.Memahami sejarah
pembentukan bumi
2.1Menjelaskan sejarah pembentukan bumi
2.2Mendeskripsikan tata surya dan jagad raya



Kelas X, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
3.Menganalisis unsur-unsur
geosfer
3.1Menganalisis dinamika dan kecenderungan
perubahan litosfer dan pedosfer serta dampaknya
terhadap kehidupan di muka bumi
3.2Menganalisis atmosfer dan dampaknya  terhadap
kehidupan di muka bumi
3.3Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi

Program  Ilmu Sosial
Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.Menganalisis  fenomena
biosfer dan antroposfer
1.1Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
1.2Menganalisis sebaran hewan dan tumbuhan
1.3Menjelaskan pengertian fenomena antroposfer
1.4Menganalisis aspek kependudukan
2.Memahami Sumber Daya
Alam
2.1Menjelaskan pengertian Sumber Daya Alam
2.2Mengidentifikasi jenis-jenis Sumber Daya Alam
2.3Menjelaskan pemanfaatan Sumber Daya Alam
secara arif

Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
3.Menganalisis pemanfaatan
dan pelestarian lingkungan
hidup
3.1Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup
dalam kaitannya dengan pembangunan
berkelanjutan
3.2Menganalisis pelestarian lingkungan hidup dalam
kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan




Program  Ilmu Sosial
Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
3.Menganalisis wilayah dan
pewilayahan
3.1Menganalisis  pola persebaran, spasial, hubungan,
serta interaksi spasial antara desa dan kota
3.2Menganalisis kaitan antara konsep wilayah dan
pewilayahan dengan perencanaan pembangunan
wilayah
3.3Menganalisis wilayah dan pewilayahan negara
maju dan berkembang

E.Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengem-bangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompe-tensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.




1 komentar: