MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK SEKOLAH
MENENGAH ATAS
(SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA)
A.Latar
Belakang
Geografi
merupakan ilmu untuk menunjang kehidupan sepanjang hayat dan mendo-rong peningkatan kehidupan. Lingkup bidang
kajiannya memungkinkan manusia memperoleh jawaban atas pertanyaan dunia
sekelilingnya yang menekankan pada aspek spasial, dan ekologis dari eksistensi
manusia. Bidang kajian geografi meliputi bumi, aspek dan proses yang
membentuknya, hubungan kausal dan spasial manusia dengan lingkungan, serta
interaksi manusia dengan tempat. Sebagai suatu disiplin integratif, geografi
memadukan dimensi alam fisik dengan dimensi manusia dalam menelaah keberadaan
dan kehidupan manusia di tempat dan lingkungannya.
Mata
pelajaran Geografi membangun dan mengembangkan pemahaman peserta didik
tentang variasi dan organisasi
spasial masyarakat, tempat dan lingkungan pada muka bumi. Peserta didik
didorong untuk memahami aspek dan proses fisik yang mem-bentuk pola muka bumi,
karakteristik dan persebaran spasial ekologis di permu-kaan bumi. Selain itu
peserta didik dimotivasi secara aktif dan kreatif untuk mene-laah bahwa
kebudayaan dan pengalaman mempengaruhi
persepsi manusia tentang tempat dan
wilayah.
Pengetahuan,
keterampilan, dan nilai-nilai yang diperoleh dalam mata pelajaran Geografi
diharapkan dapat membangun kemampuan peserta didik untuk bersikap, bertindak
cerdas, arif, dan bertanggungjawab dalam menghadapi masalah sosial, ekonomi,
dan ekologis. Pada tingkat pendidikan dasar mata pelajaran Geografi diberi-kan
sebagai bagian integral dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sedangkan pada
tingkat pendidikan menengah diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri.
B.Tujuan
Mata pelajaran Geografi bertujuan
agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.Memahami pola spasial, lingkungan
dan kewilayahan serta proses yang ber-kaitan.
2.Menguasai keterampilan dasar dalam
memperoleh data dan informasi, mengko-munikasikan dan menerapkan pengetahuan
geografi.
3.Menampilkan perilaku peduli
terhadap lingkungan hidup dan memanfaatkan sumber daya alam secara arif serta
memiliki toleransi terhadap keragaman bu-daya masyarakat.
C.Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran
Geografi meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.Konsep dasar, pendekatan, dan
prinsip dasar Geografi
2.Konsep dan karakteristik dasar
serta dinamika unsur-unsur geosfer mencakup litosfer, pedosfer, atmosfer,
hidrosfer, biosfer dan antroposfer serta pola perse-baran spasialnya
3.Jenis, karakteristik, potensi,
persebaran spasial Sumber Daya Alam (SDA) dan pemanfaatannya
4.Karakteristik, unsur-unsur,
kondisi (kualitas) dan variasi spasial lingkungan hidup, pemanfaatan dan
pelestariannya
5.Kajian wilayah negara-negara maju dan sedang berkembang
6.Konsep wilayah dan pewilayahan,
kriteria dan pemetaannya serta fungsi dan manfaatnya dalam analisis geografi
7.Pengetahuan dan keterampilan dasar
tentang seluk beluk dan pemanfaatan peta, Sistem Informasi Geografis (SIG) dan
citra penginderaan jauh.
D.Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami konsep,
pendekatan, prinsip, dan
aspek geografi
|
1.1Menjelaskan konsep geografi
1.2Menjelaskan pendekatan geografi
1.3Menjelaskan prinsip geografi
1.4Mendeskripsikan aspek geografi
|
2.Memahami
sejarah
pembentukan
bumi
|
2.1Menjelaskan
sejarah pembentukan bumi
2.2Mendeskripsikan
tata surya dan jagad raya
|
Kelas X, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.Menganalisis
unsur-unsur
geosfer
|
3.1Menganalisis
dinamika dan kecenderungan
perubahan litosfer
dan pedosfer serta dampaknya
terhadap
kehidupan di muka bumi
3.2Menganalisis
atmosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di
muka bumi
3.3Menganalisis
hidrosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di
muka bumi
|
Program Ilmu Sosial
Kelas XI, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.Menganalisis fenomena
biosfer dan
antroposfer
|
1.1Menjelaskan
pengertian fenomena biosfer
1.2Menganalisis
sebaran hewan dan tumbuhan
1.3Menjelaskan
pengertian fenomena antroposfer
1.4Menganalisis
aspek kependudukan
|
2.Memahami
Sumber Daya
Alam
|
2.1Menjelaskan
pengertian Sumber Daya Alam
2.2Mengidentifikasi
jenis-jenis Sumber Daya Alam
2.3Menjelaskan
pemanfaatan Sumber Daya Alam
secara arif
|
Kelas XI, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.Menganalisis pemanfaatan
dan pelestarian
lingkungan
hidup
|
3.1Mendeskripsikan
pemanfaatan lingkungan hidup
dalam kaitannya
dengan pembangunan
berkelanjutan
3.2Menganalisis
pelestarian lingkungan hidup dalam
kaitannya
dengan pembangunan berkelanjutan
|
Program Ilmu Sosial
Kelas XII, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.Menganalisis
wilayah dan
pewilayahan
|
3.1Menganalisis pola persebaran, spasial, hubungan,
serta interaksi
spasial antara desa dan kota
3.2Menganalisis
kaitan antara konsep wilayah dan
pewilayahan
dengan perencanaan pembangunan
wilayah
3.3Menganalisis
wilayah dan pewilayahan negara
maju dan
berkembang
|
E.Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengem-bangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran,
dan indikator pencapaian kompe-tensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan
pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar
Penilaian.
joya shoes 747d6zybhc734 outdoor,INSOLES,Joya Shoe Care,walking,fashion sneaker,boots joya shoes 121p6usudn562
BalasHapus